Berita

Pemerintah Tekan Impor Mobil Mewah Berbasis Fesyen

29 August 2018

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perindustrian mengendalikan impor kendaraan bermotor mobil secara utuh atau completely built up terhadap pelaku usaha otomotif yang tidak memberikan nilai tambah bagi Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto, mengatakan pengendalian impor terhadap kendaraan bermotor mobil secara utuh lantaran pelemahan nilai tukar rupiah. Pelemahan nilai tukar rupiah, salah satunya, dapat terjadi karena kondisi neraca perdagangan. Di sektor otomotif, neraca perdagangan tercatat mengalami defisit sekitar US$500 juta pada semester pertama tahun ini.

Instansinya tidak menginginkan impor di sektor otomotif tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan ekspor, dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi mengecil atau melemah pada penghujung tahun ini.

“Dalam konteks rupiah tertekan, neraca perdagangan seperti itu, kita mendorong ekspor. Tentunya importasi itu dilakukan secara selektif, apalagi ini final produk,” kata Harjanto kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Selasa (28/7/2018).

Dia mempertimbangkan beberapa hal dalam memberikan lisensi terhadap perusahaan yang ingin melakukan impor kendaraan bermotor mobil secara utuh. Pertama, akan melihat kondisi ekspor perusahaan yang akan melakukan impor kendaraan bermotor mobil secara utuh dari negara lain dibandingkan dengan kinerja impor yang terjadi pada perusahaan itu.

“Makanya dalam memberikan lisensi untuk importasi, kami juga biasanya melihat apakah perusahaan ini melakukan ekspor lebih banyak dibandingkan importasinya,” katanya.

Kedua, pihaknya juga mempertimbangkan apakah perusahaan yang mengajukan importasi melakukan investasi di dalam negeri. Saat ini, terdapat beberapa perusahaan yang menyatakan akan investasi dan pemerintah mempertimbangkan untuk memberikan kemudahan importasi, tetapi terbatas.

“Saya paksakan bangun fasilitas produksi di dalam negeri, saya tidak mau impor [CBU] terus. Saya yang bertanggung jawab di sektor otomotif kan harus menjaga pertumbuhan harus tetap ada,” katanya.

Ketiga, dirinya juga memberikan impor secara utuh untuk kendaraan-kendaraan niaga seperti truk atau kendaraan-kendaraan yang dipergunakan sebagai kendaraan modal kerja karena ada hubungannya dengan nilai tambah.

“Saya mengendalikan impor secara prudent tidak membabi buta semua saya setop. Kayak kemarin keperluannya untuk sawit, namanya pengolahan pabrik sawit buat kehutan kita perlu, itu kita berikan. Truk untuk logitsik kita berikan,” katanya.

Dia mengungkapkan akan mengurangi impor kendaraan-kendaraan mewah yang sifatnya mengarah pada fesyen. Pemerintah kemungkinan hanya akan memberikan 1 atau 2 unit hingga pengujung tahun terhadap importir umum yang hanya berjualan mobil CBU .

Dalam melakukan pengendalian impor kendaraan secara CBU, dia menuturkan dirinya menggunakan tanda pendaftaran tipe (TPT) kendaraan bermotor karena TPT memang untuk mengendalikan dan tidak memiliki aturan khusus terkait pengendalian itu.

Sumber: http://otomotif.harianjogja.com/read/2018/08/29/507/936809/pemerintah-tekan-impor-mobil-mewah-berbasis-fesyen