Berita

Pengusaha Berharap Berkah Kenaikan Harga Batu Bara

29 August 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) berharap kenaikan harga komoditas itu pada tahun ini bisa membawa berkah. Selain dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor pertambangan batu bara, kenaikan harga juga akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

"Membaiknya harga komoditas batu bara merupakan peluang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Momentum ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha melalui upaya peningkatan produktivitas dan penggunaan teknologi," kata Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia dalam pernyataannya, Rabu (29/8/2018).

Hendra menuturkan, bangkitnya sektor pertambangan tidak terlepas dari tingginya permintaan akan batu bara sebagai sumber energi premier pembangkit tenaga listrik. Maraknya pembangunan dan perubahan pola hidup di masyarakat mendorong naiknya angka konsumsi listrik di dalam negeri.

Untuk itu, APBI bekerja sama dengan Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO), Perhimpunan Agen Tunggal Alat Berat Indonesia (PAABI), dan Indonesia Mining Association (IMA) akan menyelenggarakan Mining & Engineering Indonesia pada 12 hingga 14 September di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Acara ini akan menampilkan inovasi, teknologi dan jasa pertambangan sehingga mampu menjadi satu wadah pertemuan guna menciptakan peluang bisnis bagi penyedia jasa lokal maupun internasional, mendemonstrasikan produk, serta membangun jaringan dengan profesional industri tambang dari Indonesia dan kawasan.

Selain ruang pamer, acara ini juga dilengkapi dengan beragam program edukasi yang dikemas dalam rangkaian kegiatan konferensi dan diskusi panel yang membahas mengenai teknologi dan inovasi terkini industri tambang. "Indonesia layaknya putri cantik yang siap diperebutkan, kekayaan mineral dan batu bara membuat para investor berlomba untuk berinvestasi, oleh karena itu melalui konferensi ini kami berharap bisa berbagi informasi mengenai peluang investasi dan regulasi di Indonesia," sebut Direktur Eksekutif IMA Joko Widajatno.

sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/29/213233126/pengusaha-berharap-berkah-kenaikan-harga-batu-bara