Berita

Per Bulan Ini, Seluruh Mobil yang Diproduksi di Indonesia Harus Gunakan BBM Euro 4

10 August 2018

INFONAWACITA.COM – Per Agustus 2018 seluruh mobil yang diproduksi di Tanah Air akan menggunakan mesin berbahan bakar tipe Euro 4. Hal ini diberlakukan guna meningkatkan kualitas udara perkotaan di Indonesia dan sekaligus meningkatkan perekonomian nasional melalui ekspor.

Asisten Deputi Kemenko Perekonomian Dida Gardera mengungkapkannya dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “BBM Euro 4 Ramah Lingkungan”. Diskusi berlangsung di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

“Jika berdasarkan aturan, siapnya Oktober. Tapi karena ada Asian Games, sebelum Asian Games sudah siap. Kendaraan yang mulai diproduksi di Agustus ini (bermesin) Euro 4,” ujarnya.

Adapun aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri (Permen) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Permen tersebut mengatur tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Euro 4.

Dengan menggunakan mesin berbahan bakar tipe Euro 4, Dida optimistis mobil-mobil yang dirakit di Indonesia bisa diterima di pasar luar negeri. Tentu saja termasuk Uni Eropa yang sudah menerapkan Euro 4 sejak tahun 2005.

“Ke depannya mobil yang dirakit di Indonesia sudah bisa diterima di pasar luar negeri. Target kita 18 bulan, tapi bisa dipercepat 2 bulan bahwa kita sudah siap Euro 4. Ini optimis dari sisi lingkungan dan ekonomi juga positif. Ini contoh lingkungan, ekonomi, masih berjalan beriringan karena tuntunan standar dan bumi kita juga sudah sangat berat,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kementerian LHK MR Karliansyah juga mengungkapkan pendapatnya. Ia menambahkan, peralihan penggunaan mesin mobil khusus Euro 4 ini akan menguntungkan bagi industri otomotif nasional, selain tentunya untuk memperbaiki kualitas udara.

“Industri otomotif selalu memproduksi 2 jenis mesin, yang di dalam negeri masih Euro 2, sedangkan untuk diimpor mesin Euro 4. Jadi jika nanti Indonesia menggunakan Euro 4, maka ini sangat menguntungkan bagi industri otomotif Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menyatakan bahwa industri otomotif merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan yang bagus dan penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional.

“Industri otomotif ini adalah industri yang memberikan kontribusi ke-2 setelah makanan dan minuman untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jadi (penggunaan mesin Euro 4) diharapkan ekspor meningkat,” ucapnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih dan VP Communication PT Pertamina Adiatma Sardjito.

Sumber: https://infonawacita.com/per-bulan-ini-seluruh-mobil-yang-diproduksi-di-indonesia-harus-gunakan-bbm-euro-4/