News

 Perusahaan Logistik di Indonesia 2024 & Komponennya

Perusahaan Logistik di Indonesia 2024 & Komponennya

04 January 2024

Saat mendengar kata logistik pikiran Anda pasti akan mengarah kepada berbagai barang-barang yang perlu dikirimkan ke suatu tempat, tidak hanya itu pengertian logistik sebenarnya pun lebih dari itu. Pada sebuah perusahaan, logistik adalah hal yang berkaitan erat dengan perencanaan dan juga pengendalian aliran barang maupun material. Sedangkan untuk tujuannya, logistik mempunyai arti tujuan yang sangat luas yaitu untuk mengatur barang atau material hingga sampai ke tujuan tentunya dengan kondisi, jumlah dan diwaktu yang tepat. Agar dapat meningkatkan performa dan kemampuannya dengan biaya yang ekonomis maka sangat dibutuhkan sistem dan juga peran dari tim logistik yang bagus pada suatu perusahaan. Maka dari itu, mengapa saat ini banyak muncul perusahaan logistik Indonesia, karena dapat membantu operasional para pelaku bisnis yang bergerak di bidang industri.

Pengertian Logistik

Mungkin Anda sudah tahu sedikit gambaran soal logistik. Sebenarnya logistik merupakan suatu rangkaian proses manajemen yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti perencanaan, implementasi hingga pemeliharaan dan juga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan (bisa barang ataupun perlengkapan tertentu) dari mulai titik awal hingga sampai ke titik penggunaan.

Sistem Logistik

Sistem apapun pasti memiliki komponen yang berguna untuk mendukung sistem tersebut agar bisa tetap berjalan dengan baik. Untuk itu berikut ini ada 5 komponen yang dapat mendukung arus barang dan tentunya industri logistik, antara lain yaitu:

  • Lokasi Fasilitas Logistik

Komponen pertama yaitu lokasi fasilitas logistik, ini merupakan salah satu komponen wajib yang berguna untuk menentukan tujuan perencanaan dan melalui apa material dan produk-produk diangkut. Biasanya perusahaan juga menyiapkan berbagai layanan untuk kebutuhan user, fasilitas tersebut meliputi pabrik, gudang dan toko-toko pengecer.

Menentukan lokasi yang bagus dan strategis merupakan keuntungan untuk perusahaan. Dengan begitu maka operasional peruasahaan logistik tersebut menjadi lebih efisien.

  • Transportasi

Berikutnya komponen yang sangat penting yaitu transportasi. Transportasi penting sebagai alat untuk mengantar barang dalam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengangkutan. Karena kecepatan pelayanan transport dapat berguna untuk memotong waktu produksi barang. Selain itu kecepatan pada layanan transport juga erat kaitannya dengan memberikan layanan yang cepat dan juga harga yang tinggi

  • Manajemen Pengadaan Persediaan

Pada sistem logistik, manajemen pengadaan persediaan adalah salah satu komponen yang berguna untuk mengatur persediaan barang yang dimiliki pada suatu perusahaan. Perusahaan logistik pun perlu melakukan pengelolaan yang baik dan bagaimana memperoleh persediaan, melakukan penyimpanan yang baik, hingga sampai persediaan tersebut dikeluarkan atau dimanfaatkan.

Manajemen pengadaan persediaan mempunyai tujuan yaitu untuk bisa mempertahankan jumlah item barang hingga sesuai dengan para peminatnya.

  • Komunikasi

Komponen penting lainnya adalah komunikasi. Komunikasi adalah hal penting dalam segi apapun termasuk pada Sistem logistik yang juga membutuhkan komunikasi. Dengan komunikasi yang baik pastinya juga dapat menguntungkan dan juga memudahkan pekerjaan. Sedangkan jika komunikasi yang terjalin berjalan buruk atau bermasalah dapat menyebabkan beberapa kendala.

  • Penyimpanan

Komponen yang terakhir adalah penyimpanan. Pada sistem logistik penyimpanan merupakan komponen yang meliputi seluruh aspek operasional logistik seperti pergerakan, pengepakan, dan sampai pengemasan barang. Semua aspek operasional tersebut tentunya berkaitan dengan persediaan agar mampu memenuhi kebutuhan suatu produk atau material.

Itulah beberapa komponen yang mendukung pada perusahaan logistik. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengiriman barang logistik, maka Anda dapat mempercayakannya pada CKB Logistics atau PT. Cipta Krida Bahari. CKB Logistics siap memberi layanan pengiriman terbaik yang berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha di Indonesia dalam mengirimkan barang dan jasa mereka ke tempat yang dibutuhkan. CKB Logistics juga sudah berpengalaman dalam memberikan layanan pengiriman yang dapat dipercaya.

Dengan menggunakan layanan transportasi jasa pengiriman yang profesional dari CKB Logistics, Anda juga akan merasakan berbagai kelebihan, seperti

  1. Hemat Biaya

  2. Layanan Pengiriman yang Terpercaya dan Dalam Waktu Tertentu

  3. Dokumentasi yang Tepat dan Akurat

  4. Kemudahan Memeriksa Status Kiriman

  5. Layanan Pengiriman yang Jelas & Transparan

  6. Memperluas Jaringan Bisnis


LAYANAN PENGIRIMAN KARGO DOMESTIK VIA UDARA MENCAKUP :

Domestic Express (Express & Economic Delivery)

Cargo Freighter Charter

Handcarry / On-Board Courier

FITUR LAYANAN :

Pilihan pengiriman yang fleksibel

Beragam pilihan layanan

Jangkauan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia

Pilihan layanan pengiriman menggunakan pesawat khusus kargo (freighter) untuk rute pengiriman Jakarta – Balikpapan – Jakarta dan Jakarta – Timika – Jakarta

Perlindungan asuransi barang (nilai pertanggungjawaban dibatasi)

Pengemasan dan bongkar muat barang untuk segala jenis komoditi

Penanganan kargo dengan ukuran dan berat berlebih (OWOS cargo)

Dokumentasi

Sistim pelacakan dan penelusuran kiriman secara online

Sistem pemesanan secara online

LAYANAN PENGIRIMAN KARGO INTERNASIONAL VIA UDARA MENCAKUP :

Express International untuk Pengiriman Impor & Ekspor

Air Freight International untuk Pengiriman Impor & Ekspor

Cargo Freighter Charter

Handcarry / On-Board Courier
 

FITUR LAYANAN :

Pilihan pengiriman yang fleksibel

Beragam pilihan layanan

Jangkauan pengiriman global

Pilihan layanan pengiriman menggunakan pesawat khusus kargo (freighter) untuk rute pengiriman Singapura – Jakarta, Singapura – Balikpapan and Balikpapan – Singapura

Perlindungan asuransi barang (nilai pertanggungjawaban dibatasi)

Pengemasan dan bongkar muat barang untuk segala jenis komoditi

Penanganan kargo dengan ukuran dan berat berlebih (OWOS cargo)

Dokumentasi

Layanan pengurusan kepabeanan

Sistim pelacakan dan penelurusan kiriman secara online

Sistim pemesanan secara online 

Untuk info lebih lanjut mengenai layanan pengiriman barang dan jasa dari CKB Logistics, Anda bisa mengunjungi website resmi CKB Logistics di https://www.ckb.co.id.