Berita

Tunas Inti Abadi dan Baruna Dirga Dharma, Bagikan Sembako ke Masyarakat Terdampak Covid-19

29 April 2020

PT Tunas Inti Abadi (TIA) dan PT Baruna Dirga Dharma (BDD), dua entitas grup usaha perusahaan energi terintegrasi PT ABM Investama Tbk (ABM) di wilayah operasi Kalimantan Selatan, memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat di wilayah lingkar luar tambang, yaitu di pantai Bunati dan Banjarmasin. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Forum Kepala Teknik Tambang (FKTT) dan Forum Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kalimantan Selatan.

Sejumlah 750 paket sembako diserahkan langsung Kepala Teknik Tambang (KTT) TIA Hari Sutikno kepada Kepala Bidang Mineral dan Batubara Dinas ESDM Pemprov Kalimantan Selatan, A. Gunawan Harjito, selasa lalu (21/4/2020). Sedianya, bantuan akan diserahkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di pesisir Bunati Kabupaten Tanah Bumbu, wilayah operasi perusahaan, serta Banjarbaru dan Banjarmasin.

Selain sembako, beberapa waktu sebelumnya perusahaan juga telah menyalurkan bantuan wastafel portable di sejumlah titik fasilitas umum dan fasilitas sosial, serta kantor instansi pemerintahan di kabupaten Tanah Bumbu.

“Sudah menjadi komitmen kami sebagai pelaku usaha untuk mendukung pemerintah dalam menangani dampak wabah penyakit virus Covid-19 terhadap masyarakat. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasional kami,” ucap Hari Sutikno, Kepala Teknik Tambang TIA.

Bunati merupakan salah satu perairan sentra pengangkutan dan pengiriman komoditi, terutama batubara, baik untuk pasar domestik maupun internasional. BDD sendiri merupakan bagian dari grup usaha PT Cipta Krida Bahari (CKB) yang menyediakan jasa layanan pengangkutan batu bara terintegrasi, dan memiliki keterkaitan bisnis dengan Grup ABM.

Sebagai tambahan informasi, Grup ABM melalui anak-anak usahanya yang beroperasi di sebagian besar wilayah Indonesia juga gencar memberikan bantuan seperti multivitamin, masker, hand sanitizer, bilik disinfektan yang menggunakan bahan pembunuh kuman yang aman untuk digunakan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya. Selain yang disebutkan di atas, baru-baru ini CKB juga menyalurkan bantuan APD kepada petugas medis di sejumlah puskesmas di 4 kota diantaranya Samarinda, Banjarmasin, Surabaya dan Balikpapan.

Sampai dengan saat ini total bantuan untuk penanganan Covid-19 yang telah disalurkan oleh Grup ABM sekitar lebih dari Rp2,2 miliar atau setara lebih dari 50.000 unit masker N95, 200 APD, 20 wastafel, dan 2 unit mobil pendukung operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.