News

Logistics

Respon Perubahan Iklim, CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi”

08 December 2022

SURABAYA, 7 Desember 2022 – Menurut sejumlah penelitan ilmiah, ekosistem mangrove terbukti mampu menyerap dan menyimpan karbon lebih tinggi hingga jutaan tahun melebihi kemampuan hutan tropis di daratan. Mangrove yang dikenal dengan blue carbon merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mitigasi perubahan iklim. Menyadari hal tersebut, perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) menghadirkan program Corporate Sustainability Responsible (CSR) “Cinta Kepada Bumi”. Kegiatan dipusatkan di sekitar area Adventure Land Romokalisari, Kota Surabaya.

Sejak Januari lalu, CKB Group telah melakukan pemantauan kondisi awal vegetasi mangrove di lahan seluas kurang lebih 1,5 Ha milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan termasuk pelibatan tenaga ahli dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) masyarakat setempat. CKB Group telah bermitra dengan 2 KUB yang terdiri dari 120 orang dampingan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya untuk membentuk komunitas penggiat mangrove serta melakukan penanaman dan perawatan 6000 bibit pohon bakau. Diharapkan melalui kemitraan strategis ini dapat tercapai beberapa poin tujuan pembangungan berkelanjutan (SDGs) yaitu pencegahan abrasi, pelestarian keanekaragaman hayati, pengurangan dampak polusi, serta berpotensi untuk menghasilkan komoditi bernilai ekonomis dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berbasis pemberdayaan masyarakat seperti yang telah tertuang dalam amanah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Iman Sjafei, Direktur Utama PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) menjelaskan, hadirnya program ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus untuk pengurangan emisi Gas Rumah Kaca di Tanah Air. “Sejalan dengan misi CKB Group untuk secara aktif terlibat dalam masyarakat sebagai warga korporat yang baik, kami senantiasa turut berupaya untuk menurunkan jejak karbon, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) khususnya di bidang pemulihan ekosistem pesisir”, jelas Iman.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi CKB Group dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kota Surabaya, yang turut didukung oleh sinergi entitas bisnis lainnya di ABM Group.  “Terlaksananya kegiatan ini juga berkat kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga didukung penuh oleh entitas bisnis ABM lainnya yaitu PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB), PT Cipta Kridatama (PT CK), dan PT Prima Wiguna Parama (PT PWP). Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kontribusi kami dalam mendorong sinergi CSR yang sesuai di dalam ekosistem Grup ABM,” tambah Iman.

Senada dengan Iman, Andi Djajanegara selaku Direktur Utama PT ABM Investama Tbk., induk Perseroan CKB Group, mengatakan bahwa Grup ABM senantiasa berupaya optimal dalam menjalankan perannya sebagai warga korporat yang bertanggung jawab sebagai bagian dari elemen masyarakat. “Terlaksananya kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi nyata dan bentuk sinergi dalam Grup ABM untuk saling mendukung satu sama lain dalam membangun kemitraan kepada seluruh stakeholder, terutama di area operasional Jawa Timur,” tutur Andi.

Menyambut baik terlaksananya program CSR Sinergi Cinta Kepada Bumi, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si selaku Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya yang diwakili oleh Evy Afianasari, S.T., M.M., selaku Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak sangatlah dibutuhkan untuk mempercepat upaya mitigasi perubahan iklim. “Hutan mangrove memegang peranan penting dalam upaya mitigasi perubahan iklim. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi hadirnya program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi” yang digagas oleh CKB Group. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata untuk habitat juga ekosistem sekitarnya dan menjadi pemicu bagi pihak-pihak lainnya untuk turut berkontribusi melakukan perawatan mangrove di seluruh Indonesia termasuk di Jawa Timur,” terang Khofifah.

Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial ini diletakkan dalam koridor keberlanjutan dengan tujuan agar perusahaan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi usahanya, serta terwujudnya hubungan yang harmonis antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan sekitar. “Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bersama memberikan kontribusinya dalam mengurangi emisi GRK serta terus menjaga kelestarian ekosistem bumi kita khususnya di wilayah sekitar operasi CKB,” tutup Iman.

Dalam 25 tahun perjalanannya, CKB Group berkomitmen melaksanakan program tanggung jawab sosial (CSR) secara berkesinambungan. Sebelumnya, berbagai program CSR juga telah dilakukan CKB Group sejak awal tahun, sebagai bentuk dukungan dalam mencapai TPB/SDGs di Indonesia. Diantaranya yaitu menyalurkan paket peralatan pendidikan ke dua sekolah dasar di Papua yaitu di SDN Mulia Puncak Jaya dan SDN Wuyuneri Puncak Jaya, dukungan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar di Rumah Autis, serta pemberian pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebagai pemenuhan program Akreditasi Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas), pembiayaan Jaminan Kesehatan Kerja (JKK) bagi pekerja rentan kelompok tenaga pendidik, hingga turut berpartisipasi dalam program perawatan hutan Mangrove di Balikpapan yang diprakarsai oleh PT Sanggar Sarana Baja (SSB) bersama dengan entitas bisnis ABM lainnya.