Berita

4 Tips Memilih Perusahaan Logistic Sesuai Kebutuhan Bisnis

4 Tips Memilih Perusahaan Logistic Sesuai Kebutuhan Bisnis

21 February 2023

Jasa logistik punya peran penting dalam operasional bisnis, tak terkecuali dalam bisnis e-commerce. Kehadiran jasa logistik memudahkan penjual untuk menjangkau konsumen di seluruh wilayah Indonesia. Agar operasional bisnis online berjalan dengan baik, tentunya memilih perusahaan logistic tak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum memilih partner pengiriman. Nah, berikut ini tips memilih jasa pengiriman atau logistik yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Pertimbangkan Jangkauan dan Kenali Bidang Perusahaan Logistik
Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah jangkauan dari perusahaan logistik yang akan Anda pilih. Makin luas jangkauannya, maka akan semakin menguntungkan bagi Anda maupun konsumen. Sebab Anda dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan sampai ke wilayah terpencil sekalipun. Hal ini juga berlaku saat memilih jasa logistik untuk pengiriman ke luar negeri.
Pastikan perusahaan tersebut menjangkau negara tujuan Anda. Dengan begitu, konsumen tidak akan merasa kesulitan saat akan menggunakan produk yang Anda jual. Selain jangkauan, Anda perlu mengenali bidang keahlian dari perusahaan logistik yang akan dipilih.

Ada beberapa jenis penyedia logistik, mulai dari pergudangan, pengiriman dan penerimaan, distribusi, serta transportasi. Dengan mengenali bidang keahlian dari jasa logistik, maka akan lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

2. Pertimbangkan Reputasi Perusahaan Logistik dan Layanannya
Tips kedua memilih perusahaan logistic adalah mempertimbangkan reputasinya. Demi kelancaran bisnis Anda, pilihlah perusahaan logistik yang terpercaya dan memiliki rekam jejak positif. Pertimbangkan pula klien-klien yang pernah bekerja sama dengan perusahaan logistik yang akan Anda pilih.

Selain itu, pertimbangkan pula layanan yang mereka tawarkan. Makin lengkap layanan yang diberikan, maka akan lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis. Dalam hal ini, pertimbangkan pula layanan perusahaan logistik terhadap kliennya. Jika menemukan perusahaan logistik yang memperlakukan klien dengan tidak ramah dan tidak berkomitmen terhadap bisnisnya, maka pilihlah perusahaan lain yang lebih kredibel dan kompeten.

3. Cari Tahu Kejelasan Tarif Pengiriman
Tak hanya jangkauan dan reputasi, tarif jasa logistik juga harus dijadikan pertimbangan. Perusahaan logistik yang profesional dan kredibel pasti memiliki tarif yang transparan. Umumnya, perhitungan tarif pengiriman dilakukan berdasarkan volume, berat barang, ataupun jarak pengiriman barang.

Setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing perihal tarif pengiriman. Untuk itu, pilihlah jasa logistik dengan tarif yang sesuai anggaran dan kebutuhan bisnis Anda.

4. Ketepatan Waktu dan Regulasi Perusahaan yang Jelas
Terakhir, pertimbangkan ketepatan waktu dan regulasi dari perusahaan logistik yang akan Anda pilih. Hindari menggunakan jasa logistik yang tidak tepat waktu pengirimannya. Sebab hal ini akan merugikan bisnis Anda karena banyaknya komplain dari konsumen.

Itu tadi 4 tips memilih perusahaan logistic yang sesuai kebutuhan usaha Anda. Ingin pengiriman barang Anda tepat waktu dan dengan biaya yang terjangkau? Percayakan pada perusahaan jasa logistik terbaik kami! Kami menawarkan layanan yang dapat diandalkan dan efisien, dengan jaringan yang luas dan tenaga ahli yang berpengalaman dalam mengatur pengiriman barang. Jadilah pelanggan kami hari ini dan nikmati pengalaman pengiriman yang memuaskan dan tanpa khawatir