Berita

logistik

Begini Hasil Evaluasi Pusat Logistik Berikat

17 February 2021

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Logistik Berikat (PLB) sebagai alternatif pengelolaan logistik dinilai telah on the right track dan memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia.

Ketua Umum Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Indonesia (PPLBI) Ety Puspitasari mengatakan penilaian tersebut merupakan hasil penelitian dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diketuai Kusdhianto Setiawan.

Dia mengatakan beberapa pengukuran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah ini menghasilkan beberapa kesimpulan seperti besaran kontribusi positif pada perekonomian Indonesia, PLB memberikan dampak meliputi akses bahan baku dan penolong menjadi lebih efisien dan efektif secara waktu dan prosesnya, sehingga berakibat positif terhadap efisiensi biaya logistik.

"Selain itu penelitian ini juga memberikan gambaran lebih lanjut bagi PPLBI terkait hal-hal yang harus menjadi perhatian ke depan dalam pengembangan PLB lanjutan sehingga dampak positif ini bisa lebih meluas di industri skala kecil dan menengah, selain di industri besar," kata Ety dalam siaran pers, Rabu (17/2/2021).

Dia menuturkan sejak didirikan pada tahun 2016, Pusat Logistik Berikat (PLB) bertujuan untuk mendorong efsiensi logistik dan menjadikan Indonesia Hub Logistik Asia Pasifik. Penelitian ini sebagai evaluasi terhadap proses internal yang terjadi di PLB.

Sumber dan berita selengkapnya