Berita

Ekspedisi dan Logistik

Simak Pengertian Ekspedisi dan Logistik Serta Perbedaannya Berikut Ini!

09 August 2023

Sering kali orang menyamakan, bahwa antara ekspedisi dan logistik merupakan istilah yang memiliki makna yang sama. Padahal, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang  cukup signifikan untuk Anda ketahui. Oleh karena itulah, di artikel berikut akan kita ulas lebih detail terkait pengertian ekspedisi dan logistik serta perbedaannya yang mungkin selama ini tidak banyak orang ketahui.

Sekilas Pengertian Tentang Ekspedisi dan Logistik

Dalam dunia pengiriman barang, ekspedisi sering kali dikatakan sebagai sebuah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha dalam pengiriman barang dengan kapasitas sedang hingga kecil ke berbagai daerah. Umumnya, proses pengiriman dengan menggunakan layanan ekspedisi akan jauh lebih cepat sampai lantaran terdapat pilihan layanan sampai dalam waktu satu hari saja. Tidak heran, jika layanan ini begitu populer di kalangan masyarakat.

Sementara pengertian dari logistik dalam pengiriman barang, yakni merupakan perusahaan yang menyediakan beberapa layanan di dalamnya. Baik itu mulai dari jasa kirim barang, gudang, manajemen sampai dengan transportasi. Pada layanan logistik sendiri, biasanya menawarkan cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan ekspedisi.

Apa Saja Perbedaan Antara Ekspedisi dan Logistik?

Banyak orang yang merasa penasaran mengenai apa pengertian ekspedisi dan logistik serta perbedaannya lantaran memang kedua layanan pengiriman barang tersebut sulit untuk dibedakan. Dalam memudahkan membedakan antara layanan ekspedisi dan logistik, Anda bisa menyimak beberapa perbedaan kedua layanan tersebut di bawah ini.


1.    Fokus layanan yang ditawarkan


Perbedaan pertama, Anda bisa melihat dari fokus layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dimana untuk jasa ekspedisi, layanan yang ditawarkan biasanya lebih fokus untuk pengiriman berbagai jenis barang dari konsumen individu maupun bisnis ke penerima di berbagai daerah. Berbeda dengan layanan logistik, dimana fokus layanan yang ditawarkan lebih kepada pemenuhan kebutuhan konsumen berskala besar yang tidak hanya seputar pengiriman barang saja.


2.    Jumlah muatan


Mengenai jumlah muatan, layanan ekspedisi biasanya membawa muatan dalam jumlah kecil dan dibawa oleh pihak kurir dengan menggunakan berbagai jenis armada dan dengan rute yang sudah ditetapkan oleh pihak ekspedisi. Berbeda dengan layanan ekspedisi, yang mana jumlah muatan yang dibawa minimal mencapai 10 ton sampai 50 ton dengan armada yang jauh lebih besar.


3.    Konsumen yang menggunakan jasa layanan


Perbedaan lain yang bisa Anda ketahui dari layanan ekspedisi dan logistik, yakni ada pada konsumen yang menggunakan jasa layanan tersebut. Pada layanan ekspedisi, biasanya lebih menyasar ke berbagai kalangan konsumen dengan sistem pelayanan business to consumer. Sementara pada layanan logistik, layanan lebih menyasar pada konsumen seperti perusahaan skala menengah hingga besar dengan sistem pelayanan business to business.

Mengapa CKB Layak Dipertimbangkan?

Layanan Terpadu

CKB menyediakan layanan ekspedisi dan logistik terpadu, memberikan solusi lengkap untuk pengiriman barang Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mencari beberapa penyedia layanan terpisah, karena CKB telah menggabungkan semuanya dalam satu atap.

Fleksibilitas

CKB mengakui bahwa setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, mereka menawarkan beragam opsi layanan yang dapat disesuaikan dengan jenis, ukuran, dan tujuan pengiriman Anda. Baik Anda hanya perlu mengirimkan beberapa paket kecil atau bahkan kontainer penuh, CKB memiliki solusi yang tepat.

Jejaring Luas

Dengan jaringan yang luas, CKB mampu melayani pengiriman barang dalam skala lokal, regional, dan internasional. Ini memungkinkan pelanggan untuk menjalankan bisnis mereka tanpa batasan geografis yang signifikan.

Tim Profesional

Dukungan dari tim profesional dan berpengalaman adalah aset berharga CKB. Tim ini siap membantu Anda dalam memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, memberikan saran tentang pengemasan yang tepat, serta memberikan informasi mengenai regulasi dan peraturan terkait pengiriman.

CKB adalah pilihan yang sangat tepat, karena mereka tidak hanya menawarkan layanan terpadu, tetapi juga fleksibilitas, jaringan luas, teknologi canggih, dan tim profesional. Dengan CKB, Anda bisa memastikan pengiriman barang Anda berjalan lancar, efisien, dan aman ke berbagai tujuan. Jadi, jangan ragu untuk memilih CKB sebagai mitra pengiriman barang terbaik Anda.