Berita

Kunjungan Caterpillar Asia Pasifik ke CKB Jakarta Mega Hub

01 April 2016

Raymond Chan, Vice President Caterpillar untuk distribusi Asia Pasifik, Commonwealth of Independent States (CIS), Timur Tengah dan Afrika melakukan kunjungan ke salah satu fasilitas pergudangan milik CKB Logistics, Jakarta Mega Hub yang berlokasi di Cakung, Jakarta pada 31 Maret 2016. Kunjungan tersebut disambut baik oleh Direksi CKB Logistics, Iman Sjafei selaku Presiden Direktur dan R. Imam Santoso selaku Direktur Operasional perusahaan.

Didampingi Presiden Direktur PT Trakindo Utama, Bari Hamami dan jajaran manajemen Trakindo lainnya, Raymond Chan berkesempatan untuk melihat fasilitas CKB Logistics yang selama ini digunakan oleh Trakindo dalam penyimpanan unit maupun suku cadang milik Caterpillar.

Kedatangan Raymond Chan ke Jakarta adalah dalam rangka memberikan penghargaan kepada Trakindo atas keberhasilannya menjadi pemenang penghargaan Going the Extra Miles Inter-Dealer Award dan 6 Sigma President’s Award se-Asia Pasifik. Trakindo sendiri merupakan agen resmi produk Caterpillar di Indonesia sejak tahun 1970.

Dalam kunjungan tersebut, Iman juga menjelaskan mengenai status CKB Logistics yang pada bulan Maret 2016 lalu diresmikan sebagai salah satu operator Pusat Logistik Berikat (PLB) oleh Presiden Joko Widodo, dimana CKB dinilai memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan PLB serta tata laksana ekspor dan impor dari Direktorat Bea dan Cukai Indonesia. Lebih lanjut Iman menjelaskan bahwa dengan menjadi operator PLB, CKB Logistics memiliki kewenangan untuk dapat mengambil langsung barang/kargo di pelabuhan tanpa harus menunggu antrian. Dimana antrian dan waktu timbun di pelabuhan, atau dikenal dengan sebutan dwelling time menjadi isu logistik di Indonesia.

Raymond mengungkapkan bahwa selain menyambut baik sistem PLB ini, menurutnya Indonesia dapat bersaing dengan Singapura dalam hal dwelling time sehingga distribusi produk Caterpillar di Indonesia bisa lebih efektif dan efisien.

Melalui kunjungan ini diharapkan sinergi bisnis antara Caterpillar, Trakindo, dan CKB Logistics dapat semakin meningkat.