Corporate Governance

Tata Kelola Perusahaan

Corporate Governance


Dalam dua dekade terakhir, CKB logistics telah membangun identitas perusahaan yang kokoh – Pertama, sebagai penyedia lapangan pekerjaan yang baik dan kedua, sebagai mitra usaha yang kompetitif dan dapat diandalkan. Untuk menjamin hal ini, identitas selalu dijaga dan diperteguh. CKB Logistics menjunjung tinggi dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di setiap kegiatan bisnisnya.

GCG meliputi proses, praktik, dan kebijakan yang menjadi sandaran CKB Logistics dalam membuat keputusan resmi dan dalam mengelola perusahaan. Penerapan GCG membantu kami mengatur risiko dan mengurangi kemungkinan kecurangan di internal serta menjamin perlindungan tim, pimpinan, dan manajemen kami. Lima prinsip umum GCG adalah transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, serta keadilan atau disingkat TARIF yang didefinisikan dibawah ini:

  • Transparansi
    CKB Logistics menyediakan informasi secara terbuka di semua pernyataan finansial dan laporan tahunan dengan akurat, jelas, dan tepat waktu kepada semua shareholder dan pemangku kepentingan.
  • Akuntabilitas
    Di CKB Logistics, kami menerapkan akuntabilitas di semua level perusahaan. Direksi mengkomunikasikan penilaian yang adil dan seimbang atas kinerja dan pemenuhan tanggung jawab perusahaan secara teratur kepada pemegang saham (shareholders). Divisi dan karyawan juga diwajibkan menerapkan akuntabilitas untuk setiap pekerjaan dan tugas yang jelas dimana akan diperiksa secara rutin melalui laporan penilaian pekerjaan, laporan akuntabilitas, dan laporan kontrol internal.
  • Tanggung Jawab
    CKB Logistics bertanggung jawab kepada pemerintah Indonesia dan melakukan semua aktivitas dengan mematuhi regulasi pemerintah dan standar keamanan internasional. Kami juga bertanggung jawab kepada pemerintah dan komunitas pada wilayah operasi kami dengan komitmen atas usaha yang ramah lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.
  • Kemandirian
    CKB Logistics berkomitmen atas pengambilan keputusan yang objektif – bebas  dari tekanan atau intervensi dari pihak manapun. Aktivitas yang mungkin muncul dari konflik berkepentingan harus dihindari. Shareholders tidak diperkenankan melakukan intervensi terhadap manajemen perusahaan dan terdapat tenggang rasa akan hak, pekerjaan, kewajiban, dan otoritas setiap divisi.
  • Keadilan
    CKB Logistics memberikan perlakuan yang setara kepada semua pemegang saham (shareholders).
    Di CKB Logistics, kami menjamin penerapan hal diatas melalui internalisasi dan  sejumlah sistem check and balance kepada manajemen dan karyawan. GCG kami dievaluasi secara independen oleh pihak eksternal, diverifikasi melalui sistem manajemen risiko dan sistem kendali internal, serta telah diformulasikan selaras dengan standar praktik internasional dalam rangka menjamin keberlangsungan dan keberlanjutan identitas CKB Logistics yang berharga.
     

Sertifikat

2017

Best in Mining Safety and Environmental Management

by Adaro Indonesia, June 2017
2017

In Recognition for a Zero Incident In Operation Throughout the Year 2016

by Total Oil, April 2017
2017

Certificate of Merit for Best Indonesia Customs Brokerage (PPJK) Operator

by World Custom Organization, January 2017