News

Sinergi Anak Usaha ABM Bantu APD di Daerah

20 April 2020

Sinergi Anak Usaha ABM Bantu APD di Daerah

Balikpapan, 14 April 2020. Perusahaan energi terintegrasi PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui sejumlah anak usahanya menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), multivitamin untuk tenaga medis, serta melakukan sosialisasi Covid19 di daerah. Diantaranya melalui PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) dan PT Sanggar Sarana Baja (SSB), ABM mendistribusikan bantuannya untuk tenaga medis di Balikpapan.

Selain di Balikpapan ABM juga menyalurkan bantuan ke Surabaya (Jawa Timur), Samarinda (Kalimantan Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), dan Tangerang (Banten). Inisiatif bersama tersebut dilakukan untuk mendukung peran pemerintah menanggulangi wabah Covid-19 di Indonesia, khususnya di daerah.

PT Cipta Krida Bahari (CKB Group), anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABM) yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa layanan logistik terpadu, telah menyerahkan bantuan APD ke daerah Samarinda. Bantuan serupa juga akan dilanjutkan ke daerah Balikpapan, Banjarmasin, dan Surabaya.

Di Puskesmas Harapan Baru - Samarinda, Kalimantan Timur, CKB Group menyerahkan bantuan APD, berupa alat semprot beserta disinfectant, masker medis, masker kain, pelindung rambut, sarung tangan lateks dan hand sanitizer. CKB Group juga berencana mendistribusikan bantuan APD ke Puskesmas Gambut – Banjarmasin dan Puskesmas Manggar Baru – Balikpapan. Sedangkan di daerah Jawa Timur, CKB Group akan menyerahkan bantuan APD ke Puskesmas Sesemi, Osowilangun – Surabaya.

“Tenaga medis merupakan garda terdepan kita dalam melawan Covid-19, tentu mereka butuh dukungan alat perlindungan diri terbaik yang memadai. Dengan APD yang baik, kami berharap kesehatan mereka tetap terjaga di tengah upaya mereka memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di tengah wabah Covid-19 saat ini”,” ujar Iman Sjafei, Direktur Utama PT Cipta Krida Bahari (CKB Group).

Kedepannya, CKB juga tengah berancang - ancang untuk menyasar beberapa wilayah operasi strategis lainnya, serta mempersiapkan skema defensif penguatan internal. Hal ini dalam rangka mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan Pemerintah. "Selain karyawan tetap, kami juga memiliki banyak tenaga harian yang terdampak langsung atas kebijakan Work From Home (WFH) saat ini. Paket bantuan akan disalurkan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk tinggal di rumah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus," tambah Iman.

Di lokasi yang berbeda, anak usaha ABM lainnya SSB menyalurkan bantuannya ke Tangerang dan Balikpapan. SSB menyerahkan bantuan berupa APD (50 unit Hazmat Suit, 50 boks kacamata pengaman (safety google), dan 50 unit hand sanitizer) beserta multivitamin untuk tenaga medis di Puskesmas Kariangau – Balikpapan yang diterima oleh dr. Kinanti Sindiana sebagai salah satu dokter terbaiknya, dan Klinik Milenia Sejahtera, Tangerang – Banten yang diwakili oleh Ibu Dini Nur Hanifah selaku perwakilan tim medis.

Menurut Direktur Utama SSB Johan Budisusetija, dukungan terhadap faskes tingkat 1 ini merupakan bagian integral dari standar keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkannya sehari-hari. "SSB yang bergerak di industri manufaktur memandang keselamatan dan kesehatan pekerja adalah yang paling utama. Saat terjadi keadaan darurat, klinik-klinik di sekitar kami inilah yg menjadi garda depan penanganan. Dalam kondisi saat ini, rasanya bahu-membahu melawan pandemi (Covid-19) bersama rekan medis adalah hal terbaik yang dapat dilakukan," urainya.

Andi Djajanegara (Direktur Utama ABM) menyampaikan bahwa inisiatif anak usahanya di berbagai daerah merupakan upaya lanjutan ABM Investama membantu peran pemerintah melawan pandemi Covid-19. “Sebelumnya perseroan telah menyalurkan bantuan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah Jakarta. ABM Investama telah menyerahkan bantuan APD dan multi vitamin untuk mendukung peran tenaga medis di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSUD Pasar Rebo dan RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di situasi sulit saat ini, dukungan berbagai pihak kepada pemerintah pusat dan daerah tentu merupakan kunci penting semangat optimisme bersama dalam membantu masyarakat melawan wabah Covid-19”, tutupnya.