News

Asian Games Tak Banyak Berefek ke Bisnis Logistik

29 July 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski diyakini bakal berdampak positif bagi perekonomian nasional, gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dinilai tak bakal berdampak besar pada bisnis logistik di Indonesia.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita mengatakan, Asian Games yang kini tinggal menghitung hari tak akan berpengaruh signifikan terhadap bisnis logistik.

dari Asian Games ke bisnis logistik hanya berkisar Rp 50 miliar. Angka itu tergolong sangat kecil jika dibandingkan nilai bisnis logistik sekiar Rp 1.000 triliun per tahun.

Sedangkan untuk perluasan area ganjil-genap, itu hanya berpengaruh pada mobil pribadi, tidak pada angkutan truk. Sehingga tak berefek besar pada bisnis logistik. “Ganjil-genap itu yang kena mobil pribadi, bukan angkutan truk. Jadi belum ada pengaruhnya,” tandas Zaldy.

Secara umum, kata Zaldy, jika dibandingkan dengan tahun lalu, bisnis logistik tumbuh sekitar 10%-12% pada semester I-2018. “Semester I ini cukup baik, pertumbuhan kurang lebih 10%-12% dari tahun lalu. Ya, Lebaran sebagai faktor utama,” kata Zaldy.

Ia menjelaskan, ada kenaikan sekitar 30% saat momen Lebaran dibandikan hari normal.

Sedangkan untuk target pertumbuhan pada tahun 2018, ia memprediksi logistik bisa tumbuh 12% dibandingkan dengan tahun 2017.

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/asian-games-tak-banyak-berefek-ke-bisnis-logistik