News

Biaya Logistik RI Termahal di Asia, Kadin : Siapa Sih Penyumbang Terbesar?

17 October 2019

Bisnis.com, JAKARTA--Kamar Dagang dan Industri Indonesia menilai pemerintah dengan pelaku usaha terkait perlu berdiskusi untuk menemukan titik pemberat biaya logistik di Indonesia. Sejauh ini, biaya logistik Indonesia dinilai paling mahal di Asia yaitu mencapai 24 persen dari produk domestik bruto. 

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto mengatakan, penurunan biaya logistik masih menjadi pekerjaan rumah bersama untuk meningkatkan daya saing nasional. Namun, dalam mencari solusi diperlukan kajian untuk menemukan titik permasalahan.

"Kalau pemerintah mau adil, kita didudukan saja sama-sama. Di buka saja, kita lihat biaya yang terbesar itu ada di mana," katanya, Rabu (16/10/2019).

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Indonesian Nasional Shipowners' Associations (INSA) ini menambahkan Indonesia memiliki tantangan tersendiri. Penerintah tidak bisa menduplikasi kesuksesan negara lain, terkait dengan penurunan biaya logistik, untuk diterapkan di Tanah Air.

Sumber dan Berita selengkapnya: