News

Manufaktur Sektor yang Paling Terdampak Keterpurukan Rupiah

03 September 2018

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah berdampak besar pada sektor riil. Pada sektor ini, depresiasi mempengaruhi tataran produksi dan investasi di Indonesia.

"Terutama di sektor-sektor manufaktur, yang banyak menggunakan bahan baku impor," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (3/9/2018).

Tak hanya dari proses produksi, Piter juga menekankan pada jumlah permintaan (demand) masyarakat di pasar.

"Harga jual otomatis dinaikkan karena harga bahan baku sendiri naik, kemudian juga dari sisi demand menggerus daya beli. Makanya supply, produksi, dan demand terganggu, yang ujung-ujungnya membuat produsen cenderung menahan produksi," jelas dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, besarnya defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) RI, membuat Indonesia cenderung rentan saat dihadapkan akan gejolak global. Ini yang kemudian membawa Argentina dan Turki menuju krisis.

"Kita itu current account-nya defisit, ini yang membuat Indonesia goyang. Negara dengan kecenderungan defisit akan fragile saat dihadapkan dengan shocked global," ungkap dia.

"Kita itu inflasinya bagus, pertumbuhan ekonominya bagus, dan penganggurannya bagus. Tapi selalu ada catatan merah yaitu current account defisit. Negara dengan kecenderungan defisit ini selalu rentan akan sentimen eksternal," tambah dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pasar merespon negatif atas iklim investasi Indonesia yang tak pasti.

"Karakter nilai tukar itu kan sangat bergantung pada confident market. Sekali pasar terganggu, nilai tukar melemah. Kalau melemah, banyak yang beli, dan jika telah banyak yang beli, makin melemah lagi nilai tukar ini," tegasnya.

Meski begitu, Piter mengungkapkan Bank Indonesia (BI) telah berupaya menjaga nilai tukar dengan melakukan intervensi pasar. "Ini yang kemudian dilakukan oleh BI, mengintervensi pasar supaya nilai tukar relatif terjaga," tutup dia.

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3635315/manufaktur-sektor-yang-paling-terdampak-keterpurukan-rupiah