News

Logistics

NLE Jadi Salah Satu Terobosan Bea Cukai untuk Percepat Arus Logistik

07 April 2022

Suara.com - Untuk mendukung dan menjalankan amanat Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional, Bea Cukai terus memberikan berbagai upaya dalam mempercepat arus logistik nasional. Salah satunya melalui berbagai inovasi dan terobosan, serta kerja sama dengan berbagai pihak.

National Logistics Ecosystem (NLE) adalah ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logoistik yang telah ada.

Di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas bersama Organisasi Angkutan Darat (Oganda) Tanjung Emas dan Click Cargo sukses melakukan launching program trucking online sebagai langkah awal digitalisasi layanan trucking. Terobosan ini merupakan wujud implementasi program NLE di Pelabuhan Tanjung Emas guna meningkatkan kinerja logistik, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian khususnya di Jawa Tengah.

Sumber dan berita selengkapnya